Tuesday, September 18, 2018

Tata Cara Pendaftaran CPNS 2018


Pemerintah menetapkan sembilan persyaratan dasar untuk pelamar calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2018. Kondisi ini menentukan siapa yang berhak mengajukan sebagai calon pegawai negara.

"Menjelang pembukaan perekrutan CPNS 2018, banyak orang mempertanyakan siapa yang berhak mengajukan permohonan menjadi CPNS. BKN mengumumkan siapa yang berhak mengajukan CPNS," kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat dari Badan Kepegawaian Negara. (BKN) Mohammad Ridwan di Jakarta, Selasa (18/9/2018).

Sesuai dengan Ayat (1) Pasal 23 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017, pada prinsipnya, setiap warga negara Indonesia (WNI) memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi pegawai negeri sipil, selama memenuhi sembilan persyaratan yang ditetapkan, yaitu :

1) Usia layu rendah 18 tahun dan layu adalah 35 tahun tinggi saat mendaftar.

2) Tidak pernah dijatuhi hukuman penjara berdasarkan keputusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap karena pelanggaran pidana 2 tahun atau lebih penjara.

3) Tidak pernah diberhentikan dengan hormat bukan atas permintaannya sendiri atau tidak dengan hormat sebagai pegawai negeri sipil, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Republik Indonesia, atau tidak diberhentikan dengan hormat sebagai karyawan swasta.

4) Bukan sebagai calon pegawai negeri, pegawai negeri sipil, tentara Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

5) Tidak menjadi anggota atau manajer partai atau terlibat dalam politik praktis.

6) Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan Jabatan.

7) Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan posisi yang diusulkan

8) Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah.

9) Persyaratan lain sesuai dengan persyaratan jabatan yang ditentukan oleh Pejabat Pengawas Persahabatan (PPK). Persyaratan tambahan untuk setiap formasi ditentukan oleh PPK K / L / D.

Namun, batas usia yang dimaksud adalah usia rendah 18 tahun dan pelayuan tinggi 35 tahun dapat dikecualikan untuk posisi tertentu yang ditetapkan oleh Presiden, yaitu dengan tinggi 40 tahun.

"Pada 19 September 2018, websscn.bkn.go.id akan diaktifkan tetapi informasi yang ditampilkan hanya formasi dan persyaratan setiap K / L / D. Pembukaan penerimaan CPNS 2018 melalui web akan diumumkan nanti, "Kata Ridwan.

Badan Layanan Sipil Negara (BKN) kembali mengadakan simulasi seleksi dari 2018 kompetensi dasar CPNS dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Simulasi ini diadakan di sejumlah daerah dan tidak ada biaya untuk nominasi gratis.

Dikutip dari akun Instagram @bkngoidofficial, Sabtu (15/9/2018), untuk wilayah Riau, simulasi CAT akan diadakan pada 16 September 2018 di Area Car Free Day (CFD) di Kantor Wilayah Riau Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Untuk Pekanbaru, simulasi akan diadakan pada 19 September 2018 di Kantor Wilayah XII BKN Jalan Hangtuah Ujung Nomor 148 Pekanbaru.

Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui bit.ly/simulasicat2018.

Kemudian, untuk Yogyakarta dan Semarang, simulasi CAT akan diadakan di Kanreg I BKN Yogyakarta dan UPT BKN Semarang pada 17 September 2018 untuk gelombang pertama, dan 18 September 2018 untuk putaran kedua.

Pendaftaran CPNS 2018 bisa dilakukan secara online kanreg1bkn.id.

Sedangkan untuk Gorontalo, simulasi Aplikasi CAT untuk penerimaan CPNS 2018 akan diadakan pada 20 September 2018 di UPT BKN Kantor Gorontalo, Jalan HDJ Rachman, Desa Hopuhulawa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo.

Pendaftaran dapat dilakukan dengan berani di manado.bkn.go.id/uptgtlo.

Tata Cara Pendaftaran CPNS 2018 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

0 comments:

Post a Comment